Rabu, 13 Februari 2013

Peraturan Baru dalam Branding Bisnis Online Anda

1. Jangan hanya memulai percakapan

Dalam setiap website pasti dicantumkan juga sosial media terkait. Sosial media memiliki satu prespektif yang sangat penting yang dapat menjadi kekuatan untuk melakukan brand pada bisnis Anda, yaitu dengan percakapan. Sosial media merupakan alat untuk membangun hubungan yang efektif. Cara yang dipakai dalam melakukan branding melalui media yang lama dan media yang baru tidak berubah, tapi tentu saja permainan branding saat ini menjadi lebih menarik dan lebih baik lagi. Memiliki facebook dan akun twitter saja tidaklah cukup. Anda harus berpartisipasi dalam sebuah percakapan dengan memberikan postingan yang regular, serta membalas pesan yang ditujukan langsung kepada Anda dari pelanggan. Memonitoring sosial media saat ini menjadi hal yang harus dilakukan setiap perusahaan. Sosial media telah sedikit banyak menjadi tolak ukur masyarakat terhadap pencitraan perusahaan. Selain itu, sosial media juga berguna bagi perusahaan untuk mengetahui isu yang ada di pasaran. Maka, aktif dan terlibatlah di sosial media.

2. Fokuslah pada branding perusahaan, bukan branding personal

Saat Anda memiliki perusahaan, fokuslah pada pencitraan perusahaan Anda, bukan diri Anda. Mungkin saja Anda memiliki 10.000 follower pada twitter, tapi hal itu tidak berarti untuk pelanggan Anda. Kecuali Anda dalam bisnis public speaking atau entertainment, memfokuskan diri pada branding personal tidaklah bijak, dan akan menjadi gangguan besar bagi Anda untuk melakukan branding perusahaan Anda.
3. Berusahalan untuk tampil di setiap headline sebisa mungkin

Tampil di setiap headline memang tidak mudah. Untuk dapat melakukannya, targetkan pasar Anda dan area partikular Anda. Saat Anda sudah menemukan area Anda, Anda dapat mengirimkan pesan-pesan atau materi yang sesuai dengan target Anda dan dapat berguna untuk mereka. Aktiflah dalam kegiatan-kegiatan yang banyak mendapat sorotan publik, atau aktiflah dalam komunitas orang-orang yang dapat memberikan network yang baru untuk Anda dan bisnis Anda.
4. Jangan biarkan batasan menghalangi konsistensi

Saat Anda menjalankan bisnis, dan samuanya nampak berjalan baik di tahun kedua dan ketiga, mungkin Anda dapat bernapas lega. Tapi bagaimana jika pada tahun keempat Anda mengalami kesulitan? Apa yang harus Anda lakukan jika brand perusahaan Anda pada tahun keempat dinilai menghambat perusahaan? Apakah Anda harus melakukan re-branding? Jika memang harus melakukan re-branding, bagaimana dengan pelanggan Anda dan basis perusahaan Anda yang sudah kuat? Ada solusi lain. Jika Anda mengalami hal ini, tetaplah konsisten. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini perusahaan dapat melakukan akusisi brand lain, yang dapat mendukung perusahaan untuk mencapai pencitraan yang ia inginkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah brand baru yang diakusisi itu, tetap konsisten dengan brand awal, namun membawa hal baru dalam perusahaan.
5. Gigihlah menentukan kelompok pasar Anda

Dunia online merupakan dunia forum yang sangat ramai, sehingga Anda pasti memiliki kesempatan untuk membuat brand perusahaan Anda terkenal. Orang-orang beranggapan bahwa semua air mineral sama, tapi nyatanya sekarang di supermarket terdapat bermacam-macam merek air mineral yang berbeda-beda. Perusahaan Anda dapat menjual produk yang sama di pasaran, tapi produk Anda pasti memiliki keunikan tersendiri, dan memiliki target pasar khusus. Permasalahannya adalah orang-orang terlalu cepat menyerah untuk mencari perbedaan itu. Anda harus bersikap kreatif, dan intens melakukan pengembangan dan perubahan pada produk Anda. Membuat beberapa pilihan dalam produk Anda sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan juga bisa menjadi salah satu cara yang baik.


Quote:6. Cantumkan “About Us” di dalam website Anda

Anda mungkin tidak terlalu peduli dengan halaman “About Us” pada perusahaan Anda, tapi halaman inilah yang menjadi dasar bagi orang-orang untuk mengenal perusahaan Anda. Orang-orang mengklik dan mempelajari perusahaan Anda serta produk-produk yang Anda jual di halaman ini. Maka, halaman “About Us” ini perlu mendapat perhatian lebih. Tampilkanlah profile perusahaan Anda, dan produk-produk yang Anda jual. Hindarilah banyak tulisan yang dapat menurunkan niat pembaca, atau hubungakan halaman “About Us” dengan link blog yang lebih besar, atau website personal. Hal yang penting lainnya, sediakanlah kontak informasi yang menunjukan kepada pelanggan Anda bahwa perusahaan Anda peduli dan ingin mendengarkan mereka.


Quote:7. Integrasikan sosial media dengan website Anda

Mengintegrasikan sosial media dengan website Anda dapat memberikan koneksi yang lebih baik, dan meningkatkan traffic website Anda. Anda harus memiliki komitmen yang besar untuk membuat website Anda berkualitas untuk dikunjungi. Berikanlah tombol “like” dari facebook, atau tarulah bagian untuk blog, dan hubungkanlah website Anda dengan link-link media sosial yang ramai digunakan saat ini.


Quote:8. Awasi reputasi brand Anda, dan selalu siap memberikan respon

Facebook, twitter dan Yelp telah menjadi komponen esensial bagi banyak perusahaan untuk menentukan strategi marketing online, tapi ada beribu-ribu website lainnya yang juga dapat menghubungkan Anda dengan pelanggan Anda. Sebuah pertanyaan dari pelanggan yang tidak dijawab perusahaan dapat mengakibatkan pencitraan yang buruk bagi perusahaan. Maka perusahaan perlu melakukan pengawasan terhadap website-website yang menyinggung perusahaan. Layanan yang sering digunakan adalah Google Alerts, dimana dengaan menggunakan layanan seperti Google Alerts, perusahaan dapat memilik keyword dan melakukan pencarian mulai dari update email dimanapun mereka muncul dalam website. Ada juga Social Mention yang dapat membantu Anda melakukan pengecekan terhadap sosial media yang ada dan memiliki komentar yang relevan dengan keyword yang Anda cari. Melakukan pengawasan terhadap dunia online sangatlah penting, karena nama perusahaan Anda dipertaruhkan dalam dunia online ini.


Quote:9. Tunjukan pekerjaan terbaik Anda

Dalam situasi sekarang ini, hal yang terpenting dalam brand adalah hubungan dan kepercayaan. Dengan gol tersebut, tidak ada cara yang lebih baik untuk menjaga hal tersebut selain dengan melakukan postingan testimonial atau daftar klien-klien besar yang pernah berhubungan dengan perusahaan Anda. Hal ini akan meberikan kredibilitas yang besar untuk perusahaan Anda. Anda mungkin juga dapat memikirkan untuk bekerja sama dengan perusahaan terkait dan memasukan logo mereka dalam halaman Anda, untuk menambah elemen visual. Memberikan daftar penghargaan yang pernah diterima perusahaan juga merupakan salah satu cara branding yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar