1. Jangan hanya memulai percakapan
Dalam setiap website pasti dicantumkan juga sosial media terkait. Sosial
media memiliki satu prespektif yang sangat penting yang dapat menjadi
kekuatan untuk melakukan brand pada bisnis Anda, yaitu dengan
percakapan. Sosial media merupakan alat untuk membangun hubungan yang
efektif. Cara yang dipakai dalam melakukan branding melalui media yang
lama dan media yang baru tidak berubah, tapi tentu saja permainan
branding saat ini menjadi lebih menarik dan lebih baik lagi. Memiliki
facebook dan akun twitter saja tidaklah cukup. Anda harus berpartisipasi
dalam sebuah percakapan dengan memberikan postingan yang regular, serta
membalas pesan yang ditujukan langsung kepada Anda dari pelanggan.
Memonitoring sosial media saat ini menjadi hal yang harus dilakukan
setiap perusahaan. Sosial media telah sedikit banyak menjadi tolak ukur
masyarakat terhadap pencitraan perusahaan. Selain itu, sosial media juga
berguna bagi perusahaan untuk mengetahui isu yang ada di pasaran. Maka,
aktif dan terlibatlah di sosial media.
2. Fokuslah pada branding perusahaan, bukan branding personal
Saat Anda memiliki perusahaan, fokuslah pada pencitraan perusahaan Anda,
bukan diri Anda. Mungkin saja Anda memiliki 10.000 follower pada
twitter, tapi hal itu tidak berarti untuk pelanggan Anda. Kecuali Anda
dalam bisnis public speaking atau entertainment, memfokuskan diri pada
branding personal tidaklah bijak, dan akan menjadi gangguan besar bagi
Anda untuk melakukan branding perusahaan Anda.3. Berusahalan untuk tampil di setiap headline sebisa mungkin
Tampil di setiap headline memang tidak mudah. Untuk dapat melakukannya,
targetkan pasar Anda dan area partikular Anda. Saat Anda sudah menemukan
area Anda, Anda dapat mengirimkan pesan-pesan atau materi yang sesuai
dengan target Anda dan dapat berguna untuk mereka. Aktiflah dalam
kegiatan-kegiatan yang banyak mendapat sorotan publik, atau aktiflah
dalam komunitas orang-orang yang dapat memberikan network yang baru
untuk Anda dan bisnis Anda.4. Jangan biarkan batasan menghalangi konsistensi
Saat Anda menjalankan bisnis, dan samuanya nampak berjalan baik di tahun
kedua dan ketiga, mungkin Anda dapat bernapas lega. Tapi bagaimana jika
pada tahun keempat Anda mengalami kesulitan? Apa yang harus Anda
lakukan jika brand perusahaan Anda pada tahun keempat dinilai menghambat
perusahaan? Apakah Anda harus melakukan re-branding? Jika memang harus
melakukan re-branding, bagaimana dengan pelanggan Anda dan basis
perusahaan Anda yang sudah kuat? Ada solusi lain. Jika Anda mengalami
hal ini, tetaplah konsisten. Salah satu upaya untuk mengatasi hal ini
perusahaan dapat melakukan akusisi brand lain, yang dapat mendukung
perusahaan untuk mencapai pencitraan yang ia inginkan. Hal yang perlu
diperhatikan adalah brand baru yang diakusisi itu, tetap konsisten
dengan brand awal, namun membawa hal baru dalam perusahaan.5. Gigihlah menentukan kelompok pasar Anda
Dunia online merupakan dunia forum yang sangat ramai, sehingga Anda
pasti memiliki kesempatan untuk membuat brand perusahaan Anda terkenal.
Orang-orang beranggapan bahwa semua air mineral sama, tapi nyatanya
sekarang di supermarket terdapat bermacam-macam merek air mineral yang
berbeda-beda. Perusahaan Anda dapat menjual produk yang sama di pasaran,
tapi produk Anda pasti memiliki keunikan tersendiri, dan memiliki
target pasar khusus. Permasalahannya adalah orang-orang terlalu cepat
menyerah untuk mencari perbedaan itu. Anda harus bersikap kreatif, dan
intens melakukan pengembangan dan perubahan pada produk Anda. Membuat
beberapa pilihan dalam produk Anda sehingga bisa disesuaikan dengan
keinginan pelanggan juga bisa menjadi salah satu cara yang baik.
Quote:6. Cantumkan “About Us” di dalam website Anda
Anda mungkin tidak terlalu peduli dengan halaman “About Us” pada
perusahaan Anda, tapi halaman inilah yang menjadi dasar bagi orang-orang
untuk mengenal perusahaan Anda. Orang-orang mengklik dan mempelajari
perusahaan Anda serta produk-produk yang Anda jual di halaman ini. Maka,
halaman “About Us” ini perlu mendapat perhatian lebih. Tampilkanlah
profile perusahaan Anda, dan produk-produk yang Anda jual. Hindarilah
banyak tulisan yang dapat menurunkan niat pembaca, atau hubungakan
halaman “About Us” dengan link blog yang lebih besar, atau website
personal. Hal yang penting lainnya, sediakanlah kontak informasi yang
menunjukan kepada pelanggan Anda bahwa perusahaan Anda peduli dan ingin
mendengarkan mereka.
Quote:7. Integrasikan sosial media dengan website Anda
Mengintegrasikan sosial media dengan website Anda dapat memberikan
koneksi yang lebih baik, dan meningkatkan traffic website Anda. Anda
harus memiliki komitmen yang besar untuk membuat website Anda
berkualitas untuk dikunjungi. Berikanlah tombol “like” dari facebook,
atau tarulah bagian untuk blog, dan hubungkanlah website Anda dengan
link-link media sosial yang ramai digunakan saat ini.
Quote:8. Awasi reputasi brand Anda, dan selalu siap memberikan respon
Facebook, twitter dan Yelp telah menjadi komponen esensial bagi banyak
perusahaan untuk menentukan strategi marketing online, tapi ada
beribu-ribu website lainnya yang juga dapat menghubungkan Anda dengan
pelanggan Anda. Sebuah pertanyaan dari pelanggan yang tidak dijawab
perusahaan dapat mengakibatkan pencitraan yang buruk bagi perusahaan.
Maka perusahaan perlu melakukan pengawasan terhadap website-website yang
menyinggung perusahaan. Layanan yang sering digunakan adalah Google
Alerts, dimana dengaan menggunakan layanan seperti Google Alerts,
perusahaan dapat memilik keyword dan melakukan pencarian mulai dari
update email dimanapun mereka muncul dalam website. Ada juga Social
Mention yang dapat membantu Anda melakukan pengecekan terhadap sosial
media yang ada dan memiliki komentar yang relevan dengan keyword yang
Anda cari. Melakukan pengawasan terhadap dunia online sangatlah penting,
karena nama perusahaan Anda dipertaruhkan dalam dunia online ini.
Quote:9. Tunjukan pekerjaan terbaik Anda
Dalam situasi sekarang ini, hal yang terpenting dalam brand adalah
hubungan dan kepercayaan. Dengan gol tersebut, tidak ada cara yang lebih
baik untuk menjaga hal tersebut selain dengan melakukan postingan
testimonial atau daftar klien-klien besar yang pernah berhubungan dengan
perusahaan Anda. Hal ini akan meberikan kredibilitas yang besar untuk
perusahaan Anda. Anda mungkin juga dapat memikirkan untuk bekerja sama
dengan perusahaan terkait dan memasukan logo mereka dalam halaman Anda,
untuk menambah elemen visual. Memberikan daftar penghargaan yang pernah
diterima perusahaan juga merupakan salah satu cara branding yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar